
Postingan kali ini gue mau bahas tentang main serong, sori maksud gue parkir serong.
Ceritanya gini, tadi sore gue sama dany pergi buat cari kain buat bakal produksi bulan ini dan kita meluncur ke daerah Pakuningratan. Baru tau kan lo ada paku bisa bertebaran di jalanan, kalo nggak di Jogja lo nggak bakal nemuin tuh. Haha, pasti lo pikir tulisan gue di kalimat sebelumnya ngaco?! Nggak, itu beneran, soalnya nama jalan Pakuningratan tuh kalo diartiin artinya Paku yang bertebaran di jalanan.
Detailnya gini nih :
Paku = berarti material bangunan yang sering kita pake buat masang jam, gantungan, poster, dan mungkin buat masang pacar lo di dinding biar nggak kabur kemana-mana.
Ning = tuh artinya di, yang mungkin bisa berarti di mana aja yang nyambung sama kata setelahnya. Contoh misal aja ning kamar artinya di kamar, nah kalo ning nang ning gung artinya joged "tariik maang"
Ratan = artinya jalan, sebut aja jalan raya.
Nah kalo ketiganya kita jadiin satu, Paku+ning+ratan = Paku+di+jalan raya. Kalo diartikan secara harfiah, Pakuningratan tuh artinya paku yang bertebaran di jalan raya. So, jaman dulu di daerah ini konon katanya banyak tukang tambal ban dan itu jadi mata pencaharian terfavorit kala itu setelah petani. Mungkin jaman dulu tukang tambal ban-nya kerja pake jas full sama dasi. Masuk jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore, itu aja absennya pake finger print (udah ada belum yah dulu..;p). Ampe-ampe daerah jadi daerah favorit karena Dagadu Djokdja waktu awal berdirinya milih di daerah Pakuningratan, ya karena termasuk famous area. Kalo di Jakarta, daerah Tebet kali yaa, kalo di Bali ya Legian, dan kalo di Bandung, daerah Trunojoyo (iya nggak sih??! Tau ah..).
Back to the track. Jadi sore itu gue sama dany kan pergi mo beli kain buat next issue di daerah Pakuningratan, tepatnya Tugu Jogja ke utara, trus belokan ke kiri kedua, yang ada rambu-rambu dilarang belok ke kiri dari jam 06.00-14.00, tokonya ada di kanan jalan. Sebelum ke toko kain itu, dany ngajakin gue beli sup buah, sekali lagi sup buah, bukan sup sayur. Brubung-brubung dia udah sering ke situ, mbaknya yang jual udah hapal sama menu pesenan dia, dan waktu si mbak nanya ke gue, "masnya mau pesen apa?". Gue asal aja jawab, "Samain aja mbak" dengan asumsi selera dia rada-rada di atas rata-rata air, eh sori di atas rata-rata maksud gue. Gue asik liatin mbaknya nyiapin pesenan kita berdua, tapinya dari jauh. Nggak mungkin kan gue ngeliatin mbaknya nyiapin pesenan dari jarak 5 cm?! Bisa-bisa mata gue yang dia iris gara-gara dikira buah anggur. Berhubung gue ngeliatinnya cuman dari jauh, jadinya gue nggak tau apa aja yang dia masukin ke sup buah ala dany. Cuma gue agak curiga, soalnya daritadi tuh mbak kayanya nggak pindah-pindah, cuman diem di situuuu aja, padahal toples-toples buah yang di depan dia buanyak, dari mangga ampe nangka ada. Selang beberapa menit mbaknya nganter pesenan kita berdua. Di sinilah puncak keanehan terjadi. Sup buah yang dalam bayangan gue adalah kumpulan buah-buah yang binal dan lezat buat dilahap, ternyata yang ada di depan gue adalah sup buah yang isinya cuma pepaya! oh shit, cuma pepaya. Sekali lagi cuma pepaya, biar manteb. Kampret, dalam hati gue cuma bisa bilang gitu. Sekedar info aja yah, gue paling nggak demen sama buah yang namanya pepaya. Buah pepaya tuh bentuknya udah kaya taik, apalagi waktu masi ada bijinya, duh dalam bayangan gue tuh biji pepaya adalah taik kambing, dan daging buah pepayanya adalah taik kita, taik manusia. Beuhhh...dan sekarang gue harus habisin nih semua??! Isu kalo kiamat tuh dateng tahun 2012 kayanya salah deh. Ni baru 2010 dan gue harus ngelewatin kiamat pepaya ini??! Tidaaakkk...
Setelah 20 menitan akhirnya dany udah melahap habis semua tuh sup buah istimewa versi dia, dan gue, juga berhasil ngabisin sup buah, tapi cuman kuahnya doang, pepayanya masi teronggok di mangkuknya.
"Kok pepayanya nggak lo makan?", dany nanya ke gue sambil ngangkat alisnya.
Dengan sedikit perasaan pengen muntah gue jawab, "Gue nggak doyan pepaya kampret!".
Kaya penjahat yang baru keluar dari rutan, dany langsung ngakak sejadi-jadinya, dan gue cuman bisa manyun. Sialan.
Kebodohan di tempat sup buah akhirnya berakhir. Kita langsung cabut ke toko kain. Mbummm...nyampe deeh. Dipilih, dipilih, kain mana yang mau dipilih...tapi sayangnya, kain baru belum banyak yang dateng, cuma beberapa aja yang baru. Setelah debat kusir antara gue, dany, sama si tukang jual kain, akhirnya kita putusin buat beli warna item, putih, biru navy, sama abu kebiruan. Gue agak ragu sama si tukang jual kain yang ternyata adalah yang punya, karena pekerjanya lagi kabur nggak tau kemana. Kenapa gue ragu karena si empunya toko kain adalah seorang cina yang matanya sipit dan badannya mengeluarkan bau yang aneh. Tapi setelah gue diskusiin sama dua malaikat di pundak kanan dan kiri gue, gue ragu karena matanya yang sipit. Coba aja bayangin kalo waktu nimbang kainnya, misal gue mo beli 25 kg, dan dia nimbangnya cuma 2,5 kg gara-gara tuh koma nggak keliatan kan nggak seru banget. Mending kalo gue niat beli 2.5 kg tapi dapetnya 25 kg mah bagus, kalo bisa sih malah sering-sering. Tapi keraguan gue terjawab seketika, soalnya kenapa, soalnya sebelum dia mau nimbang, dia memasang kacamata di matanya, dan wow, matanya keliatan bulet dan nggak sipit. Mungkin ini yang namanya teknologi, dan kayanya gue udah lama nggak update kacamata ajaib ini. Bener-bener sebuah terobosan besar di tengah krisis ekonomi yang melanda dunia. Akhirnya semua pesenan kain kita resmi jauh dari koreksi, bahkan faktor erornya udah nol koma nol nol, mauttt! Dibayar, diangkut ke mobil, dan kita meluncur ke daerah Pasar Kranggan, trus ntar habis itu ke kantor radio Swarasenggama, ups Swaragama maksud gue, buat meeting acara launching Ouval Research di Jogja, tepatnya di Sevensoul Jl. Cendrawasih. Di tengah perjalanan, ujannya turun dengan membabi brutal. Cuma sebentar kita udah sampe di toko Accu Denso di daerah Ps.Kranggan. Dany mo cek accu mobilnya yang rada-rada rewel. Dia langsung turun buat minta montir cek accu mobilnya. Gue memutuskan tetep di dalem mobil ajah, ujan sih, males buat turun, mending bbm-an deh. Dany bolak-balik ke mobil, sibuk ngurus accu mobilnya, sedangkan gue cuek bbm-an. Waktu nunggu bbm gue yang belum di bales sama temen gue, gue liat ke arah toko accu itu, montir sama dany asik ngobrol, mungkin lagi ngobrolin nomer togel berapa yang tar malem kayanya bakalan keluar, dan gue tertarik ngobrol sama rambu-rambu Parkir Serong yang berdiri tepat di depan mobil. Kasian aja kan tuh rambu-rambu nggak diajak ngobrol, jadi gue dengan berbesar hati mengajaknya ngobrol. Ya nggak mungkinlah gue ngobrol sama rambu-rambu, emangnya udah gila?! Gue terpesona melihat kemolekan tuh rambu-rambu, jadinya gue abadikan aja tuh rambu, soalnya nyentrik sih. Nggak tau norak apa nggak melek informasi, tapi jujur gue baru sekali ini ngeliat ada rambu-rambu kaya gini, Parkir Serong. Maksudnya apaan sih?
Rambu-rambu buat para orang yang suka main serong?
Apa rambu-rambu khusus buat The Changcuters karena salah satu single andalah mereka adalah Main Serong?
Apa parkir khusus buat penjual terong?
Hadeeh...salah semua, yang bener ya di sekitar rambu ini, kalo mau parkir ya arahnya serong. Dengan tujuan biar jalanan nggak sempit dan nggak ganggu jalan. Gitu aja nggak paham, gue aja yang baru ngeliat langsung paham. Tsaah...belagu yee gue. Dany masuk ke mobil dan bilang kalo nggak jadi di cek accu-nya dia, maksud gue accu mobilnya dia, bukan accunya dia, hehe. Agak lama gue menelaah kenapa dia nggak jadi cek accu mobilnya. Awalnya gue pikir karena sebenernya dia tuh tadi cuman nanya nomer togel buat pasang ntar malem, ternyata menurut pengakuan dia setelah di sumpah pake Al-Qur'an, nggak jadi dicek accu mobilnya karena ujan, yak betul karena ujan. Akhirnya kita melanjutkan agenda terakhir hari ini, ke Swaragama.
Parkiran Swaragama udah berhasil dipenuhi mobil dan motor yang parkir dengan biadab. Kalo aja parkirnya lebih rapi, 3-4 mobil lagi masih cukup di tampung di sini. Berhubung parkirnya sungguh-sungguh biadab, jangankan nambah mobil satuu aja, mau keluar aja kayanya susah deh saking parahnya mereka parkir. Hal yang pertama kali terlintas di pikiran gue adalah, sayang banget di sini nggak ada rambu-rambu Parkir Serong. Walopun sekilas kayanya tuh rambu-rambu keliatan ngaco, tapi ternyata memiliki kegunaan yang amat sangat.
Parkir Serong, i lap yu pull daagh ^__^


Tidak ada komentar:
Posting Komentar