
Manusia dan robot. Di jaman yang udah serba canggih kaya sekarang, manusia dimanjakan dengan kehadiran sebuah robot, yang sebenarnya juga hasil karya manusia. Tapi banyak orang (manusia) yang mengatakan kalo robot lebih hebat dari manusia. Klo sekilas dilihat sepertinya pernyataan itu ada benarnya juga. Hmm, contoh sederhananya komputer. Kita dimanjakan dengan adanya robot yang bernama komputer lengkap dengan keyboard sebagai tangannya. Sekarang kita nggak perlu repot dan capek nulis essay, paper, atau apapun itu yang berwujud tulisan, karena kita cukup memainkan jemari kita di atas keyboard, dan voila! apa yang kita ketikkan muncul di layar komputer, berjejer sangat rapi&seragam. Nggak kaya tulisan tangan kita yang percaya nggak percaya nggak akan pernah sama. Sepele sih fungsinya, tapi dari hal yang sepele kaya gitu orang-orang merasa lebih rendah dari robot.
"Coba kalo nggak ada komputer, bisa tiga hari tiga malem nulis semua ini"
Pernyataan yang sangat ringan, tapi nunjukin sifat lemah yang amat sangat. Mungkin harus selalu ditampilin waktu komputer kita booting sebagai penyadar, "perangkat ini hanya sebuah tool (alat) untuk mempermudah pekerjaan, alat ini buatan manusia, dan manusia itu lebih hebat dari alat ini".
Memang udah jadi rahasia umum klo kita semua kecanduan yang namanya teknologi, tapi kayanya ada yang dilupain deh, teknologi itu datengnya juga dari sesama kita kok, dari manusia. Jadi harusnya kita bangga jadi manusia, dan bukan robot. Karena manusia itu punya hati, perasaan, dan pikiran.
Manusia bisa ngerasain seneng, sedih...
Manusia bisa ketawa ngakak...
Manusia bisa nangis...
Manusia bisa ngerasain cinta...
Manusia bisa ngerasain sakit...
Nah kalo robot?mana bisa robot ngerasain yang gituan?! Robot itu bisa bekerja, bergerak, mikir, juga karena ada perintah, dan perintah itu datengnya dari manusia. Walopun sekarang ada robot yang udah bisa diberi indra perasa, tapi tetep aja sensor perasanya itu nggak sebanding sama indra perasa manusia, sekalipun akurasinya jempolan. Tetep aja manusia lebih dari robot!
Nggak ngerti deh kenapa aku baru nyadar yang banget-banget sekarang trus bikin tulisan kaya gini. Simpel aja sih penyebabnya. Semalem aku bikin semacem pop-art card buat proposal, dan waktu ngelemin tuh kertas-kertas biar bisa jadi bentuk yang udah aku create, aku mendadak mikirin, "apa iya yang kaya ginian bisa dilakuin sama robot". Mungkin aja sih, tapi bakalan ngehasilin ribuan command&perintah, yang blablabla rumitnya. Sedangkan kita, cuma butuh teliti n detail ajah. Dari situ aku makin yakin kalo manusia emang lebih hebat dari robot, dan aku yakin apa yang dibilang Einstein, kita ini baru make 10% dari total kemampuan otak kita. Wow, pantes aja tuh orang dikatain jenius, ternyata emang beneran jenius. Hahaha....
Eh eh eh, aku nulis kaya gini bukannya aku pinter lho. Aku cuma baru nyadar aja klo manusia itu emang lebih hebat dari robot, dan itu cuma dateng dari hal yang sepele. Jadi jangan anggep aku pinter, jenius ato apa yah, aku cuma nuangin uneg-uneg aja. So simple, but its true! Enough for this shit....hahaha
Sedang berandai-andai bisa maksimalin fasilitas robot&teknologi buat kehidupan sehari-hariku. Hmm, apaan yah...............
I don't know what I'm thinking
Liarkan fantasi imajimu...
Buaskan teknologimu...
Hasilkan sesuatu yang belum ditemu...
Manusia lebih hebat dari mesin, robot, dan teknologi untuk sebuah art, seni, konsep, dan imajinasi...
Hidup Sun Go Kong!
Loh?????


Tidak ada komentar:
Posting Komentar